Minggu, 13 April 2014

Pre-View IHSG 14 - 17 April


Selamat Sore...

        Seperti janji saya, saya akan membuat pendapat mengenai pergerakan bursa minggu lalu (7-11) dan pandangan saya mengenai pergerakan bursa minggu depan (14-17). Rekan-rekan investor, minggu kemarin merupakan minggu yang dahsyat, dimana indeks meneruskan penguatan dan menyentuh level tertinggi tahun ini di level 4.930. Rally IHSG ini nampak kuat ditengah bursa regional dan US yang bertumbangan, karena optimisme menjelang pemilu menguatkan indeks dari pergerakan bursa global. Boleh dikatakan beberapa minggu ini IHSG bergerak mandiri, tidak terpengaruh "uwak Sam".

        Namun optimisme yang membungkus pergerakan IHSG tiba-tiba luntur karena hasil quick count yang menunjukkan partai yang digadang-gadang memenangkan pemilu, tidak mampu mencapai batas 20%, Alhasil akan terbentuk koalisi yang berarti muncul ketidak pastian dipasar...Investor asing pada tanggal 10 langsung melakukan profit taking hingga 1 trilliun lebih. Namun syukurlah pada hari jumat indeks berhasil rebound 1% dan ditutup di 4.816.
Dengan ditutup di level 4.816, IHSG kembali di rentang perdagangan 4.750 - 4.950, diatas Middle band. Target terdekat indeks adalah menutup celah Gap yang sangat lebar di 4.906. Meski mengalami penurunan tajam namun trend naik IHSG masih terjaga.


        Pergerakan indeks minggu 3 April, masih akan dipengaruhi pergerakan politik dalam negeri, namun juga akan mulai in line dengan pergerakan bursa dunia. Menurut kalender ekonomi US, minggu ini beberapa data yang perlu diperhatikan adalah: Retail Sales, Consumer Price Indeks, Housing starts, Industrial production, Jobless Klaim, danPhiladelphia Fed Survey.

       Meski penurunan kemarin cukup dalam, namun untuk saham-saham favorite rata-rata masih relatif diharga atas. Sehingga strategi transaksi jangka pendek masih diperlukan, Buy and hold untuk saham-saham yang sudah memasuki area oversold.

salam

------------------------------------------------- ebs -----------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar